Menu

Rute MRT Lebak Bulus – Ciputat Mulai Dibangun 2019

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Berbagai masalah dibahas dalam pertemuan itu, terutama soal pembangunan yang sedang berjalan di Tangerang Selatan.

“Pertama-tama adalah melaporkan hasil kerja sama pembiayaan dari Pemprov DKI dan Tangerang Selatan berkaitan dengan pembangunan tandon yang sudah jadi dan ternyata bagus hasilnya,” kata Sandi usai pertemuan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, (15/1), seperti dikutip dari Kumparan.com.

“Dan terminal juga yang baru diselesaikan, rencananya akan diserahkan ke pemerintah pusat. Itu bantuan dari Pemprov DKI untuk Pemkot Tangsel,” tambahnya.

Sandi mengatakan, rencana penambahan panjang MRT dalam pertemuan itu. Terutama, untuk perpanjangan jalur dari Lebak Bulus ke wilayah Tangerang Selatan. Ia mengharapkan proses pembangunan ini sudah mulai dilanjutkan di tahun 2018 atau 2019.

“Baru saja tadi diputuskan bahwa MRT Jakarta akan menjadi pemrakarsa dan kita harapkan di 2018 ini feasibility studies-nya bisa diselesaikan dan kerja sama ini bisa mulai dikonsepkan dalam Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” tutur Sandi.

Sandi menambahkan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tangsel juga ingin segera mengurai kemacetan yang ada Cirendeu. Salah satunya dengan memperlebar jalan di wilayah tersebut.

“Jadi Cirendeu sampai Pondok Cabe itu yang diharapkan juga bantuan dari pada Pemprov DKI untuk memperlebar jalan yang sebetulnya sekarang sudah menjadi sumber kemacetan,” ucap dia.

Sementara, Airin mengatakan, rencana penambahan jalur MRT hingga ke wilayah Tangerang Selatan sangat ditunggu-tunggu warga. Airin berharap, rencana ini segera direalisasikan.

“Harapan kita MRT tidak berhenti sampai di Lebak Bulus tapi bisa dilanjut (hingga) Pasar Jumat, Ciputat, dan sekitarnya. Alhamdulillah terima kasih banyak Pak Wagub sidah direspons dengan cepat,” kata Airin.

“Terkait rencana perpanjangan rute MRT itu, PT MRT Jakarta akan bertindak sebagai pemrakarsa. Kami berharap untuk studi kelayakannya bisa selesai tahun ini, sehingga pembangunannya bisa dimulai 2019,” ujar Sandi, seperti dikutip dari Koran Jakarta secara online.

Lebih lanjut, dia menuturkan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tangsel berencana untuk melakukan pelebaran di Jalan Cirendeu, mengingat ruas jalan tersebut banyak dilalui warga, terutama yang bekerja di Jakarta.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengharapkan agar rute MRT dapat diperpanjang hingga wilayah Ciputat dan sekitarnya, sehingga dapat meminimalisasi kemacetan yang sering terjadi.

“Kami berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta. Semoga semua rencana kerja sama yang tadi sudah dibicarakan dapat diwujudkan, terutama mengenai transportasi, sehingga ada moda transportasi massal yang terkoneksi antara Tangsel dan Jakarta,” ungkap Airin.

Berita Lainnya